Home » » KRITIK, NASEHAT, SINDIRAN, DAN JUSTIFIKASI

KRITIK, NASEHAT, SINDIRAN, DAN JUSTIFIKASI

Written By Rumah Hipnotis Solo on Minggu, 29 Agustus 2021 | 10.36.00


Selama praktek menangani keluhan psikis klien bertahun - tahun, ada beberapa fakta yang sering saya temukan terkait keluhan yang dialami klien. Terutama fakta klien yang mengalami mental block dan psikosomatik.
 
Rata - rata, klien saya yang sering mendapatkan kritik, nasehat, sindiran, apalagi sampai dijustifikasi itu justru merusak mentalnya. Meskipun tujuan dari itu semua adalah membangun dan memperbaiki, tapi kenyataannya malah membuat mental block dan menyebabkan psikosomatik. Memang kondisi mental setiap orang yang satu dengan orang yang lainnya berbeda dalam menyikapi hal tersebut, tetapi bagi orang yang pada dasarnya mentalnya lemah, kebanyakan mengalami mental block dan psikosomatik.
 
Hal ini biasanya sering terjadi kepada anak yang dilingkungan keluarganya itu kaku cara ortu dalam mendidiknya. Mungkin ortunya juga tidak sadar, jika ia dahulunya juga seorang anak yang dididik seperti itu, kemudian diterapkan kepada anaknya yang sekarang. Padahal cara mendidik anak di zaman dahulu ketika diterapkan di zaman sekarang, itu belum tentu tepat juga. Alih - alih anaknya menjadi orang yang baik dan sukses, justru bisa menjadi orang yang minder, mental block nya kuat, dan mengalami psikosomatik, karena sejak kecil selalu menerima kritikan, nasehat, sindiran, bahkan sampai di justifikasi, yang sebenarnya itu tidak diinginkan anak, karena di lakukan terus menerus oleh ortu jadi masuklah di pikiran bawah sadar si anak.
 
Kemudian contoh yang lain yaitu dilingkungan pekerjaan, seorang pimpinan jika terlalu sering mengkritik, menasehati, menyindir, apalagi sampai menjustifikasi karyawannya, pasti banyak karyawannya yang minder dan sulit berkembang. Alih - alih tujuannya baik untuk meningkatkan SDM tapi caranya kurang tepat, hasilnya juga pasti buruk. Dan tentang menasehati, menasehati ini juga kelihatannya perbuatan yang baik, tetapi justru menasehati ini juga bisa merusak hubungan - hubungan, oleh dari itu stop menasehati siapapun kecuali diminta untuk menasehati oleh yang bersangkutan.
 
Makanya saya selalu menyarankan, mungkin anda bukanlah orang yang tidak berguna, anda bukanlah orang yang buruk, dan anda bukanlah orang yang gagal, tetapi mungkin anda sedang berada di lingkungan yang salah, sehingga membuat pengaruh yang salah pula dalam hidup anda. Solusinya, ganti lingkungan anda yang tepat, dimana anda bisa berkembang dan menjadi lebih bermanfaat untuk banyak orang.
 
Semoga bermanfaat.
Terimakasih
www.rumahhipnotissolo,com

0 comments :

Posting Komentar